Warning Tsunami BMG Disesali Warga Painan

Www dot 3mfuture dot comPAINAN-Warga pesisir pantai, khususnya di Painan Pessel menyesali keluarnya warning tsunami dari pihak BMG. Peringatan yang dirilis televisi swasta tadi justu membikin mereka cemas.

“Kami minta pihak BMG supaya dapat memberikan data yang valid dan benar. Pasalnya, statement berpotensi tsunami seperti yang tertera dipenggalan berita running teks di sejumlah televisi swasta yang sempat kami lihat usai gempa, sangat mencemaskan,” ujar Agus (35), nelayan Carocok Painan Senin sore.

Herannya, tambah Agus, tatkala dia dan warga lainnya sampai di lokasi ketinggian guna menyelamatkan diri, statement justru berbalik 180 derajat.

Pihak BMG malah menyebut tidak ada potensi tsunami. Inilah yang sangat disesali. Statement tersebut terkesan plin-plan dan tidak akurat.”Kami minta, kalau bisa janganlah terlalu cepat mengeluarkan statement. Apalagi menyoal potensi tsunami,” tukasnya.

Hal senada ikut dikemukakan Boy (32). Ia menyebutkan, selaku warga pesisir pantai dirinya tidak pernah takut gempa, kecuali yang berpotensi tsunami. ” Kalau begini stament BMG, sama saja dengan menakut-nakuti warga. Kami bakal terkena serangan jantung duluan sebelum adanya tsunami. Yang pasti, kami sangat menyesali statement tersebut,” kesal Boy saat dijumpai di kaki Bukik Langkisau Painan, salah satu lokasi ketinggian di Kota Painan.

Sementara itu Camat Pancuang Soal Drs Fery yang dihubungi lewat Ponsel mengatakan belum ada laporan kerusakan berarti. Kondisi warga juga terlihat tidak begitu panik. Hal sama ikut dikatakan Camat Sutera Drs Syafrinal dan Camat Lunang Silaut Drs Darmadi. Sekadar diketahui, Pancuang Soal, Lunang Silaut dan Sutera termasuk kecamatan terparah mengalami kerusakan pada gempa September 2007.(tos)

Tinggalkan komentar