850 Unit Rumah Rusak Segera Direkontruksi

Nasrul abit okPAINAN–Dalam waktu dekat dana bantuan Menkokesra sebesar Rp 12,7 miliar untuk rekontruksi rumah yang rusak berat pasca gempa melanda Pesisir Selatan bulan September 2007, akan direalisasikan. Menurut rencana dana tersebut akan dialokasikan untuk rekontruksi 850 unit rumah

” Dana tersebut akan kita prioritaskan untuk rumah warga yang benar-benar parah. Sedangkan untuk rusak sedang dan ringan belum. Insyaalah dalam waktu dekat direalisasikan,” ungkap Bupati Pesisir Selatan Drs Nasrul Abit, Kamis (28/2/2008) di Painan.

Pasca gempa September 2007 tersebut, sedikitnya 3.560 unit rumah hancur dan rusak berat. Tidak hanya itu ribuan rumah lagi mengalami rusak ringan. Kantor pemerintahan dan fasiltas umum lainnya juga mengalami kerusakan.

Pembangunan rumah pasca gempa, lanjut Nasrul, maksimal satu unit rumah senilai Rp 15 juta. Hal ini tergantung pada jenis kerusakan. Sedangkan sekolah dan saran ibadah, sudah kita tangani bantuannya.

Butuh Tim Tekhnis

Saat ini kita tengah mencari tenaga tim tekhnis untuk membuat Rancangan Anggaran Bangunan (RAB). Dan tenaga tersebut juga bertugas mengawasi perjalanan pembangunan hingga selesai.

” Tim tekhnis tersebut satu orangnya bertugas membuat RAB untuk 20 unit rumah. Mereka akan disebar ke seluruh daerah yang rusak terkena gempa September tersebut,” tambah Nasrul.

Untuk rumah yang rusak sedang dan ringan, kita berharap agar sabar dahulu. Semoga bantuannya juga akan turun dalam waktu dekat. Meskipun dengan adanya gempa susulan akhir-akhir ini berpotensi menambah kerusakan yang telah ada.

Menyangkut gempa beberapa hari lalu, lanjut bupati sejauh ini kerusakan rumah penduduk belum ada laporannya. Hanya saja sebuah pos retribusi di Kecamatan Lunang Silaut mengalami rusak parah. Kini pos tersebut tidak bisa dimanfaatkan sepenuhnya. ” Kepada masyarakat diminta supaya tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bisa dipercaya,” harapnya.(alx/singgalang)

Tinggalkan komentar